BLOG GALAHERANG sebuah media informasi tentang review, pendidikan, perjalanan, kesehatan dan budaya

Visi dan Misi Pendidikan Islam

Visi dan Misi Pendidikan Islam
www.mathlabululum.id
Visi Pendidikan Islam
         Kata visi berasal dari Bahasa Inggris vision, yang mengandung arti penglihatan atau daya lihat, pandangan, impian atau bayangan. Dalam Bahasa Arab, kata visi dapat diwakili oleh kata nadzr, jamaknya indzar, yang berarti seing (penglihatan), eye-sight (pandangan mata), vision (pandangan), look (penglihatan), glance (pandangan sekilas), sight (pemikiran), outlook (pandangan), prospect (gambaran ke depan), view (peninjauan), aspec (bagian) (hal : 41). Dari 24 pengertian yang berkaitan dengan kata nadzr atau indzar itu terlihat bahwa seluruh pengertian tersebut berkaitan dengan teori, konsep, gagasan, pemikiran, pandangan ke depan. (hal : 41)
       Berdasarkan pada pengertian kebahasaan tersebut, maka secara terminology, visi yaitu tujuan jangka panjang, cita-cita masa depan, keinginan besar yang hendak diwujudkan, angan-angan, khayalan, dan impian ideal tentang sesuatu yang hendak diwujudkan (hal : 41-42).
    Dengan demikian, visi pendidikan Islam dapat dirumuskan sebagai berikut: “Menjadikan pendidikan Islam sebagai pranata yang kuat, berwibawa, efektif, dan kredibel dalam mewujudkan cita-cita ajaran Islam.” (hal : 44).

Misi Pendidikan Islam
          Misi berasal dari Bahasa Inggris, mission, yang memiliki arti tugas, perutusan, utusan, atau misi. Ungkapan to fly thirty mission misalnya, mengandung arti mengadakan tugas penerbangan 30 kali. Dengan demikian, misi terkait dengan tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan dalam rangka mencapai visi yang ditetapkan. Dari pengertian kebahasaan tersebut, maka mission dapat diartikan sebagai tugas-tugas atau pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam rangka mencapai visi yang ditetapkan. Dengan demikian, antara visi dan misi harus memiliki hubungan fungsional-simbiotik, yakni saling mengisi dan timbal balik. (hal : 45)
            Berdasarkan uraian di atas, maka misi pendidikan Islam dapat dirumuskan sebagai berikut.
Mendorong timbulnya kesadaran umat manusia agar mau melakukan kegiatan belajar dan mengajar
Hal ini sejalan sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat al-Alaq (96) ayat 1-5, yang artinya: (hal : 45-46). Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sepanjang hayat
Hal ini sejalan dengan hadis Nabi Muhammad SAW: tuntutlah ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat. (HR. Bukhari-Muslim) (hal : 46).
Catatan
Abuddin Nata, 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group
Share on Google Plus

About Adi Kusuma

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment