BLOG GALAHERANG sebuah media informasi tentang review, pendidikan, perjalanan, kesehatan dan budaya

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Kota Pontianak merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa disebabkan dilalui Garis Khatulistiwa. Bagi para pelancong mania, kota ini salah satu destinasi wisata Indonesia yang wajib dikunjungi. Karena kota ini menyimpan sejuta pesona keindahan dan keberagaman budaya. 

Hanya Kota Pontianak yang memiliki sungai terpanjang, dan juga kota yang dilalui Garis Khatulistiwa di Indonesia. Sungai Kapuas menjadi urat nadi kota dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat. Kota ini memiliki nilai historis di setiap sudut kota, karena menyimpan berbagai keunikan dan ciri khas tersendiri dibangdingkan dengan kota lainnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya Kota Pontianak menjadi kota wisata paling menarik di Indonesia. Beberapa tempat wisata di Kota Pontianak yang perlu diketahui dan dikunjungi oleh pelancong Indonesia. Tempat wisata bersejarah, wisata religi, wisata kreasi, wisata kuliner. Semuanya akan diuraikan secara berurutan.


Tempat Wisata yang Memiliki Nilai Sejarah di Kota Pontianak
Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, penulis mengajak kepada para pembaca untuk terlebih dahulu berpantun. Sebuah pantun dipersembahkan oleh penulis.

Jalan-Jalan Ke Pasar Siantan 
Melihat Seorang Ibu Mengendong Anak 
Kalau Tuan Pergi Ke Kalimantan 
Singgahlah dahulu Ke Kota Pontianak

1.   Istana Kesultanan Pontianak
Tempat wisata bersejarah pertama yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Istana Kesultanan Pontianak atau yang biasa dikenal dengan Istana Kadriah Pontianak. Istana ini terletak di Jalan Tanjung Raya 1, Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Pada zaman dahulu istana ini menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Pontianak. Sultan Syarif Abdurrahman al-Kadrie membangun Istana Kadriah pada 14 Rajab, tahun 1185 H atau bertepatan dengan 23 Oktober, tahun 1771 M. 

Istana ini masih menyimpan berbagai macam peninggalan yang digunakan pada saat masa kesultanan. Hingga saat ini benda-benda yang memiliki nilai historis masih dijaga dan tersimpan rapi di dalam istana. Bagi para pengunjung yang datang ke istana bisa melihat langsung peninggalan-peninggalan sultan pertama Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie hingga kepada keturunannya yang kedelapan yaitu Sultan Syarif Hamid al-Kadrie atau yang dikenal dengan Sultan Hamid II. Di istana masih ada singgasana sultan, kaca pecah seribu, al-Qur’an yang ditulis tangan.Di depan istana masih berdiri kokoh meriam kuno buatan Perancis dan Portugis.
Sumber Gambar : www.panoramio.com
2.   Tugu Khatulistiwa
Tempat wisata bersejarah kedua yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Monumen Equator atau lebih dikenal dengan Tugu Khatulistiwa. Tugu ini terletak di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara.Dibangun pada tanggal 31 Maret tahun 1928 oleh tim Ekspedisi Geografi Internasional yang merupakan seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda. Pada awalnya Tugu Khatulistiwa terbuat dari kayu belian.

Keunggulan tempat wisata ini setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September menjadi hari kulminasi matahari. Di Tugu Khatulistiwa ini titik kulminasi yang merupakan titik matahari tepat berada di atas khatulistiwa. Semua terjadi disebabkan fenomena alam, bayangan tugu pada saat matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa maka bayangan tugu akan menghilang selama beberapa detik.
Sumber Gambar : www.winfhotoblog.com
3.     Tugu Digulis
    Tempat wisata bersejarah ketiga yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Tugu Digulis atau yang kenal dengan nama Bambu Runcing atau Bundaran Universitas Tanjungpura. Tugu ini terletak di jantung Kota Pontianak tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani 1, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara. Pesona wisata Tugu Digulis yang didirikan sebagai peringantan atas perjuangan sebelas tokoh sarekat Islam Kalimatan Barat yang dibuang ke Boven Diogel, Irian Barat. Tugu ini memiliki nilai sejarah dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi.

Pemerintah Kota Pontianak terus berusaha berinovasi dan merenovasi meningkatkan tempat-tempat wisata dengan berbagai fasilitas dan sarana olahraga. Fasilitas di kawasan Bundaran Tugu Digulis Universitas Tanjungpura sudah dibangun air mancur, sebuah taman yang dinamai dengan Taman Digulis Pontianak, di dalamnya terdapat area jogging yang dinamai Track Untan dan lapangan tenis, area taman bermain anak-anak dan area skateboard. Sehingga tempat ini memiliki daya tari tarik untuk dikunjungi.


Berita Terbaru dikutip dari Koran Pontianak Post pada hari Rabu, tanggal 28 September 2016, halaman 32. Jumlah 156 inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak mengantarkan Kota Pontianak meraih penghargaan tertinggi Inovasi Administrasi Negara Award (INAGARA) 2016. Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Kampus PPLPN LAN Jakarata, Selasa 27 September. Kota Pontianak dinobatkan sebagai kota terbaik dan menduduki peringkat pertama dari delapan pemerintah kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai laboratorium inovasi se-Indonesia oleh LAN RI. 
Sumber Gambar : www.trylorentcar.com
4.     Museum Kalimantan Barat
    Tempat wisata bersejarah keempat yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Museum Provinsi Kalimantan Barat. Museum ini terletak di Jalan Jendral Achmad Yani 1, Pontianak Selatan. Tempat ini sangat baik untuk dikunjungi, karena didalamnya memiliki berbagai benda-benda sejarah Ada peta, jenis batu-batuan, ada pakaian Sultan Pontianak, Pistol VOC, ada mata uang, koleksi keramik, jangkar kapal dang asing, miniatur perahu lancang kuning, miniatur rumah lanting, miniatur lumbung padi, miniatur tungku naga, miniatur rumah kopra, press karet, replika batu pahit, gazebo.
Sumber Gambar : ericopieter.blogspot.com
5.     Rumah Adat Melayu
        Tempat wisata bersejarah kelima yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Rumah Adat Melayu Kota Pontianak. Rumah ini terletak di Komplek Perkampungan Budaya, Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru. Bangunan berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektar. Tempat ini menjadi tempat diadakan berbagai kegiatan, seperti resepsi pernikahan maupun salah satu destinasi kunjungan wisatawan. 

Rumah ini memiliki seni arsitektur dengan model atapnya berbentuk segitiga dengan tinggi 30 derajat. Terdapat kolong tinggi dibagian bawah rumah yang digunakan untuk tempat memarkir kendaraan. Rumah ini memiliki balai kerja yang digunakan sebagai seketariat pertemuan balai rakyat, taman bermain, kios penjualan, balai pustaka yang digunakan sebagai tempat kajian budaya dan perpustakaan.
Sumber Gambar : samorahita.blogspot.com
6.     Rumah Betang Radankng
Tempat wisata keenam yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Rumah Radankng atau dikenal dengan sebutan Rumah Panjang yang merupakan rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat. Rumah ini terletak di Komplek Perkampungan Budaya, Jalan Sutan Syahril, Kota Baru. Rumah adat Dayak diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH, pada hari Selasa, tanggal 2 Februari 2013 M. Bentuk bangunan memiliki panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter.
Sumber Gambar : homestaypontianak.wordpress.com
Tempat Wisata Yang Bernuansa Religi di Kota Pontianak

1.     Masjid Jami' Pontianak
    Tempat wisata religi pertama yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong di Kota Pontianak yaitu Masjid Jami‘ Pontianak atau dikenal dengan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman yang terletak di dekat pusat Kota Pontianak. Lokasi masjid dapat dijangkau melalui jalur sungai dan jalur darat. Pengunjung yang memilih jalur sungai dapat mengaksesnya dengan menggunakan sampan atau speedboad dari Pelabuhan Senghie, sedangkan pengunjung yang menggunakan jalur darat dapat naik bus yang melewati jembatan Sungai Kapuas. Di kawasan Masjid Jami‘ Sultan Abdurrahman terdapat pendopo tempat istirahat.
Sumber Gambar : www.flickr.com
2.     Masjid Raya Mujahidin Kota Pontianak
    Tempat wisata religi kedua yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong di Pontianak yaitu Masjid Raya Mujahidin Kota Pontianak terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani 1, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan. Masjid ini berdiri sejak tahun 1978 M. Semenjak masjid ini selesai direnovasi yang berdiri megah di pusat Kota Pontianak.  Kini, menjadi tempat tujuan rekreasi atau wisata religi. Tempat ibadah umat Islam yang termasuk termegah di Kalimantan Barat diresmikan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo pada hari Selasa, tanggal 20 Januari 2015 M (29 Rabiul Awal 1436 H).

     Awal direnovasi masjid ini sejak bulan November, tahun 2011. Bangunan berlantai dua yang memiliki luas 60 meter x 60 meter di atas lahan seluas kurang lebih 4 hektar. Masjid ini bisa menampung Sembilan ribu jemaah. Untuk halaman luar masjid bisa menampung sekitar 1.600 unit mobil. Masjid Raya Mujahidin salah satu ikon Kota Pontianak. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah seperti Masjidil Haram di Mekkah, Saudi Arabia. Ini menjadi penarik tersendiri bagi para pengunjung. 
Sumber Gambar : www.masjidnews.net
3.     Paroki Santo Yoseph Katedral Pontianak
Tempat wisata religi ketiga yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Paroki Santo Yoseph KatedralGereja ini perpaduan arsitektur Romawi dan Timur Tengah. Ornamennya bernuansa Dayak mendominasi eksterior bangunan interiornya didominasi nuansa khas Tionghia berpadu dengan gaya klasik Eropa. Gereja yang memiliki kapasitas sekitar 10.000 orang ini menghabiskan dana Rp 78,9 milyar. Disisi lain Gubernur Cornelis  Kalimantan Barat telah mengungkapkan bahwa Gereja ini merupakan Gereja Katedral yang termegah di Asia Tenggara. 
Sumber Gambar : ericopieter.com
Tempat Wisata Kreasi yang Ada di Kota Pontianak

1.  Aloe Vera Center
    Tempat wisata kreasi pertama yang menarik untuk dikunjungi yaitu oleh pelancong yaitu Aloe Vera Center atau yang dikenal dengan nama tanaman lidah buaya. Lokasi wisata ini terletak di Jalan Budi Otomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Kalau pergi ke tempat ini maka akan melihat langsung kebun pembudidayaan tanaman lidah buaya. Bagi para pengunjung juga bisa melihat langsung proses pengolahan tanaman menjadi aneka ragam makanan, bisa diolah dodol, permen, minuman, tepung, dan bisa juga diolah menjadi krim untuk kulit. 
Sumber Gambar : Indonesiaenterpreneur.blogspot.com
2.     Meriam Karbit 
Tempat wisata kreasi kedua yang menarik dikunjungi oleh pelancong di Kota Pontianak yaitu Meriam Karbit. Wisata kreasi yang dikenal dengan festival meriam karbit sebuah event tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Kota Pontianak. Event ini dilaksanakan pada bulan suci ramadhan tepatnya malam takbiran. Meriam karbit terbuat dari kayu bulat yang berukuran besar mampu menghasilkan sumber suara dentuman.

Tradisi Meriam Karbit ini terkait dengan sejarah berdirinya Kota Pontianak. Sultan Syarif Abdurrahman pada abad 17 yang membuka hutan belantara, lalu dibangunlah sebuah pemukiman untuk dijadikan tempat tinggal. Tradisi ini diadakan ditepian Sungai Kapuas yang merupakan sebuah tradisi dan budaya masyarakat. Tradisi ini dilakukan turun temurun yang diamainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. 
Sumber Gambar: www.tukangjalanjalan.com
3.     Alun-Alun Kapuas
Tempat wisata kreasi ketiga yang menarik untuk dikunjungi oleh pelancong yaitu Taman Alun-Alun Kapuas menjadi salah satu tempat kreasi menarik di Kota Pontianak. Karena alun-alun ini merupakan tempat sangat indah pemandangannya. Kapuas itu sendiri merupakan nama sungai yang membelah kota ini yaitu Pontianak Utara dan Pontianak Selatan. Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Wisata ini terletak di Jalan Rahadi Usman atau di depan kantor Walikota Pontianak. 
Sumber Gambar : miner8.com
4.   Geretak Sungai Jawi
Informasi Terkini yang didapat oleh penulis saat ini, ada objek wisata baru yang menarik dan indah untuk dikunjungi yaitu geretak yang baru selesai dibangun letaknya di Sungai Jawi. Kota Pontianak juga dikenal dengan sebutan banyak memiliki parit, baik itu parit ukuran kecil maupun ukuran besar. Karena jumlah parit sangat banyak maka Kota Pontianak dijuluki dengan kota seribu parit. Parit yang banyak tersebut berasal dari aliran Sungai Kapuas.

Mengutip dari Koran Pontianak Post pada hari Sabtu, tanggal 1 Oktober 2016, halaman 17. Parit di Kota Pontianak pernah menjadi urat nadi kehidupan warga. Parit memiliki fungsi, antara lain sebagai jalur transportasi, ruang publik, dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan warga sehari-hari. Keberadaan parit di Kota Pontianak yang membelah kampung membuat setiap perkampungan memiliki corak budaya tersendiri. Bahkan parit-parit yang ada di setiap kampung tersebut mampu menjadi identitas kampung itu sendiri.
Sumber Gambar : www.pontianakpost.com
        Ada Beberapa Makanan Kuliner Khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia karena memiliki makanan kuliner khas yang nikmat dan lezat. Ketika berkunjung ke Kota Pontianak usahakan mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan makanan kuliner ini sehingga bisa menikmatinya.

1.      Jeruk Pontianak
Ciri khas makanan Pontianak yang pertama adalah "Jeruk Pontianak". Kalau disebut nama jeruk tentunya tak asing lagi ditelinga kita. Namun, jeruk Pontianak memiliki bentuk tersendiri jika dibandingkan dengan jeruk daerah lain. Jeruk Pontianak merupakan jeruk siam atau citrus nobilis var microcarpa, kalau dilihat dari bentuk kulitnya terlihat tipis dan licin mengkilat. Dari segi rasanya sangat manis sehingga jeruk ini banyak diminati. Jeruk ini sebenarnya dibudidayakan di daerah Sambas tepatnya di Kecamatan Tebas. Jeruk yang manis ini sudah terkenal di Indonesia sehingga nama jeruk Pontianak sudah melekat dihati masyarakat. Jika Anda berkunjung ke Kota Pontianak maka jeruk ini bisa dinikmati dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
Sumber Gambar : www.pasarinduk.id
2.      Sotong Pangkong
Ciri khas makanan Pontianak yang kedua adalah "Sotong pangkong". Tentunya masih ada yang bertanya-tanya kenapa disebut sotong pangkong? Ingin juga untuk mencicipi makanan Pontianak ini kan? Disebut sotong pangkong karena terbuat dari sotong atau yang dikenal dengan cumi-cumi. Tentunya sebelum dinikmati pasti ada proses yang sudah dilalui. Prosesnya sotong yang masih segar dibelah dan dibersihkan, lalu sotong tersebut dikeringkan dan diasinkan dalam beberapa hari. Kemudian setelah kering maka sotong bisa dijual. Caranya sotong dipanggang diatas bara api terlebih dahulu kemudian dipangkong yaitu dipukul hingga berbentuk pipih. Tujuan dari dipangkong/dipukul untuk melembutkan agar ketika dihidangkan rasanya lebih terasa dilidah. Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Pontianak, usahakan menikmati makanan khas Pontianak ini.
Sumber Gambar : kabarinews.com
3.      Lempok Durian Pontianak
Ciri khas makanan Pontianak yang ketiga adalah "Lempok Durian Pontianak". Kenapa disebut lempok durian? Karena terbuat dari isi durian. Bagi yang menyukai buah durian maka makanan ini sudah tak asing lagi. Jika Anda berkunjung ke Kota Pontianak maka lempok durian ini bisa dinikmati dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 
Sumber Gambar : www.santapsedap.com
Indah kan? Itulah beberapa tempat wisata yang menarik di Kota Pontianak. Sebenarnya masih banyak daftar destinasi wisata yang ada di kota ini. Mari kunjungi dan nikmati pesona Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Anda jangan ragu dan bimbang datang ke Kota Pontianak. Sesuai dengan slogan masyarakat Kota Pontianak. “Awak Datang, Kamek Sambot”, makna dari slogan ini adalah “Anda Datang, Saya Sambut” siapa saja boleh datang ke Kota Pontianak. Karena pada dasarnya masyarakat Kota Pontianak ramah tamah, mudah berinteraksi dan juga mudah komunikasinya.

Sponsor Lomba Mini Seo Blog Competition 2016 adalah : 
1. The Warna Indonesia
2. Rental Mobil Pontianak
3. Roti Kap Makanan Khas Pontianak
4. Produk Oriflame @onlinekatalog


Keterangan :
Tulisan ini diikutsertakan dalam Konteks Mini Seo Blog Competition 2016. Dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kota Pontianak yang ke-245. Diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Pontianak (KBP) dengan kata kunci pencarian Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia.

#Generasi4G #BloggerPontianak #HUTPontianak245 
Share on Google Plus

About Adi Kusuma

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

10 komentar:

  1. Pontianak seru. Kalau sudah dateng ke Pontianak pasti kepengen lagi maen ke sini. apalagi makanannya enak enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye Benar Bang.Kote Pontianak memang seru.makanannye enak-enak.cocok juga untok oleh-oleh buat keluarge di rumah.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya.benar.Pontianak Kota bersinar.memiliki tempat2 wisata yang menarik untuk dikunjungi.

      Delete
  3. Pontinak dilintasi oleh garis khatulistiwa yang merupakan satu diantara kota yang paling menarik di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.Memang benar.Kota Pontianak di lintasi garis Khatulistiwa.Kota yang juga memiliki sungai terpanjang di Indonesia.

      Delete
  4. blog adi sangat bagus, saya terkesan dengan artikel buatan saudara adi. wawasan mengenai wilayah pontianak dan kalimantan barat semakin terbuka ke publik. semoga artikel seperti ini diperbanyak. wisata kota pontianak memang sangat memuaskan dan tidak akan bisa ditemui di kota lain. singkat kata pontianak kota wisata paling menarik di indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya saudara Deby.Semoga tulisan ini membantu para pelancong Indonesia yang ingin ke Kota Pontianak.Pontianak indah dan memiliki tempat wisata yang menarik.

      Delete
  5. Kota Pontianak memang menarik untuk dikunjungi dan tempat wisatanya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.Kota Pontianak memang menarik untuk dikunjungi.Masih banyak wisata yang ada di kota ini.

      Delete