Makna dan Hakikat Sabar


           Sabar menempati posisi yang sangat penting dalam ajaran Islam. Ia adalah pilar kebahagiaan seseorang hamba, sikap terpuji (akhlakul karimah) yang patut dimiliki guna meningkatkan derajat manusia sebagai khalifah Allah di muka, dan merupakan sifat yang dapat mengendalikan emosi dari perilaku yang tercela. Sabar juga merupakan sarana untuk meraih pertolongan Allah secara cepat.

Makna dan Hakikat Sabar

Secara bahasa, sabar artinya ‘menahan’ (al-habsu), baik dalam pengertian fisik seperti menahan rasa sakit akibat pukulan yang keras, sakit yang berat, dan pekerjaan yang melelahkan, maupun dalam pengertian psikis seperti menahan diri dari godaan hawa nafsu dan menahan diri dari suatu penderitaan, baik karena menemukan sesuatu yang disenangi.

Kata shabar, asal kata ‘sabar’, terdiri dari tiga huruf, yakni shad, ba’, dan ra’. Makna kata tersebut berkisar pada tiga hal, yaitu menahan, ketinggian sesuatu, dan sejenis batu. Dari akar kata ini, juga diperoleh banyak arti, antara lain gunung yang tegar, batu yang kokoh, awan yang menaungi, tanah yang gersang, dan sesuatu yang pahit.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan

Tandak Sambas Lirik Lagu Sambas