BLOG GALAHERANG sebuah media informasi tentang review, pendidikan, perjalanan, kesehatan dan budaya

Kapan Aku Menikah?


bahasa.aquila.style.com
Di ruang tamu siang itu duduk empat orang. Kecerian pasangan suami istri Bapak Handam dan Ibu Rohana terpancar pada saat berkumpul dengan kedua anaknya beserta dua cucunya. Bisa berkumpul karena libur yaitu hari minggu.
“Ilham, gimana kerjaan kamu sekarang?,” tanya Nisa pada Adik bungsunya itu.
“Alhamdulillah, baik-baik saja Kak Nisa,” jawab Ilham.
“Syukurlah kalau baik. Tapi kamu jangan terlalu asyik dengan pekerjaan Kamu, Ham,” sarannya.
“Namanya juga tanggung jawab, Kak. Mesti diasyikkan lah”.
“Bukan begitu maksud Kakak, Ham. Maksudnya, Kamu itu mesti memikirkan masa depan juga. Siapa nantinya yang akan mendampingi hidup kamu,” jelas Nisa.
“Oh itu maksud Kakak. Saya salah fokus tadinya,” Ilham tersenyum.
Mereka asyik berbincang-bincang sambil menikmati kue yang dibawa oleh Nisa dari Kota Singkawang. Keduanya cucunya bermain dihalaman rumah Kakeknya itu. Sedangkan saat ini suami Nisa tidak ikut serta berkunjung ke rumah mertuanya yang berada di Wajok. Mereka bertiga datang tadi pagi naik bis. Suami Nisa tidak bisa ikut karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan.
“Sebenarnya sudah sering Ibu menasehati adik mu ini, Nisa. Tapi selalu bilang insyaallah secepatnya akan memberi Ibu menantu perempuan,”  sahut Ibu Rohana.
“Kalau Ayah serahkan saja pada Ilham, tentunya dia sudah punya target dan punya pilihan sendiri untuk calon pendamping hidupnya nanti,” Bapak Hamdan menyambung perkataan istrinya.
“Jujur untuk saat ini saya masih berusaha fokus untuk bekerja dulu. Saat ini juga saya masih belum menemukan calon yang pas,” jelas Ilham pada Ayah, Ibu dan Kakaknya.
“Coba kalau waktu libur kamu sempatkan berkunjung ke rumah Kakak, siapa tahu jodoh kamu ada di Kota Singkawang. Kakak juga punya kenalan disana, dia seorang perawat, Ham,” pinta kakaknya sambil tertawa.
“Ibu juga punya kenalan seorang Ustadzah, dia sering mengisi kajian di majelis ta’lim Ibu, Ham,” Ibu Rohana juga memberi tahu tentang Ustadzah dipengajiannya.
Beberapa bulan berikutnya Ibu Rohana hendak pergi kepengajian di Masjid Mempawah. Bulan ini majelis ta’lim yang diikutinya diadakan di Kota Mempawah. Karena anak bungsunya hari ini libur kerja, Ibu Rohana mengajak putranya itu mengantarnya menggunakan motor.
“Kalau saya ikut nanti mau duduk dimana, Bu?,” tanya Ilham pada Ibunya.
“Tenang, ikut saja, nanti Ibu kenalkan dengan Ustadzah Yuni, Ham,” niat Ibu Rohana mengajak Ilham sekalian untuk memperkenalkan anaknya pada seorang Ustadzah.
“Malu rasanya ketemu dengan Ibu-ibu pengajian”.
“Nanti kamu ikut mendengarkan tausiahnya di teras masjid saja. Sambil menunggu Ibu, Ham”.
Ilham pun mengikuti saran Ibunya. Setelah selesai tausiah Ibu Rohana mendekati Ustadzah Yuni. Menyampaikan niat baiknya untuk mempekenalkan putranya. Bahwa hari ini ia datang tidak sendirian tapi diantar oleh putra bungsunya. Mereka pun berkenalan, Ilham didampingi Ibunya dan Ustadzah Yuni ditemani adik wanitanya, dan anak kecil berumur sekitar 5 tahun.
Mereka pun berpisah hendak pulang ke rumah masing-masing. Ibu Rohana dan Ilham menuju parkiran. Dalam perjalanan Ibunya menanyakan tentang sosok wanita yang ia kenal, dilihat hari ini walaupun sebentar.
“Gimana menurut Kamu, Nak. Sosok wanita seperti Ustadzah Yuni?,” tanya Ibu Rohana.
“Kalau menurut saya, ia wanita yang cantik, sholehah, baik tutur katanya,” jawab Ilham sambil tersenyum.
“Gimana menurut Kamu, Nak. Dengan sosok anak lelaki kecil yang lucu berdiri disamping Ustadzah?,” Tanya Ibunya lagi.
“Lucu anaknya, Bu. Pasti senang Ibunya dan Ayahnya memiliki buah hati seperti dia” jawab Ilham.
“Ibu ingin memberi tahu padamu. Ibu anak kecil yang lucu itu adalah Ustadzah Yuni, Nak”.
“Ah….., Ibu bercanda saja,” Ilham sedikit kaget dan tidak percaya.
“Iya benar. Anak itu putranya Ustadzah Yuni”.
“Aku kira ia belum bekeluarga, Buk”
“Sudah bekeluarga, tapi pernikahan mereka kandas, Ham”.

“Kasihan ya, masih muda ia sudah menjadi seorang janda”.
Share on Google Plus

About Adi Kusuma

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment